Senin, 09 Januari 2012

Sulbar Bangun Kebun Induk Kakao di Polman



Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun kebun induk kakao di Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar pada 2012.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar, Muktar Belo mengatakan di Mamuju Senin, pada 2012 Pemprov Sulbar akan membangun kebun induk kakao di Kecamatan Luyo Kabupaten Polman dengan memanfaatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat melalui kementerian pertanian.

Ia mengatakan, bantuan tersebut memanfaatkan anggaran APBN sekitar Rp3 miliar yang sudah memiliki daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2012.

Menurut dia, kebun induk kakao yang akan dibangun pemerintah di Sulbar tersebut akan memanfaatkan lahan sekitar 50 hektare dan akan menjadi lokasi yang menjadi pengadaan benih kakao di Sulbar.

"Sesungguhnya kebun induk kakao di Polman yang akan dibangun itu sudah ada sejak 1980, dikembangkan petani, namun akhirnya tidak dioperasikan karena kurangnya modal untuk mengembangkannya," katanya.

Hal ini dikarenakan kemampuan keuangan pemerintah daerah setempat tidak mampu mengembangkan kebun induk kakao yang sangat bermanfaat bagi petani tersebut untuk memenuhi kebutuhan benihnya.

Dengan adanya kesiapan pemerintah pusat untuk membantu menganggarkan pembangunan kembali kebun induk kakao tersebut, maka pemerintah di Sulbar siap membangunnya kembali.

Pemerintah di Sulbar berharap kebun induk tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam upaya terus mengembangkan sektor pertanian khususnya kakao di provinsi ini, katanya.(T.KR-MFH/S004)


Sumber : antara news
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Berita Polman 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all