Senin, 09 Januari 2012

Pengangguran di Polman Capai 8.229 Orang



POLEWALI – Jumlah pengangguran di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) pada 2010 mencapai 8.229 orang. Sementara untuk 2011 jumlahnya diperkirakan lebih banyak.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Polman Syahrullah Amir mengatakan, pengangguran tersebut terdiri atas pria berjumlah 3.999 orang dan wanita 4.230 orang. ”Kami terus berupaya menekan angka pengangguran tersebut,kendati pada 2011 belum tuntas merekapitulasi jumlah pengangguran itu,”kata dia di Polewali,kemarin. Upaya yang dilakukan untuk menekan pengangguran tersebut, yakni menerapkan program padat karya.Program ini melibatkan warga untuk berperan dalam proyek perintisan jalan. Modelnya,warga mendapat upah dari proyek infrastruktur padat karya tiap hari masingmasing Rp20.000 per orang. Upaya lain,yakni dengan pelatihan keterampilan.

”Dananya Rp500 juta untuk kegiatan pelatihan menjahit, automotif, pertukangan, dan kerajinan. Masing-masing program mengakomodasi 16 orang,” paparnya. Untuk paket produktif, pihaknya belum menentukan lokasi. ”Itu dana dari Pemerintah Pusat dengan tugas pembantuan,” tuturnya.

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Berita Polman 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all