Rabu, 28 Desember 2011

Polman terima dana KKP 5,75 miliar



POLMAN, Sulbar: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Polman, Sulbar menerima bantuan dana Rp5,75 miliar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk program 2012.

Kepala Bidang Perencanan DKP Polman, Budiman di Polman, hari ini mengatakan bantuan tersebut bersumber dari Direktorat Jenderal Budidaya KKP sebesar Rp1,75 miliar dan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) sebesar Rp4 miliar.

“Khusus untuk anggaran yang kami terima dari Dirjen Budidaya akan dialokasikan pada tiga program, yaitu pengadaan ekskavator sebesar Rp1,32 miliar, pengadaan percetakan pakan Rp63 juta, dan pengadaan jaring keramba apung lima unit sebesar Rp375 juta,” rincinya.

Selain itu, anggaran yang diterima dari Dirjen KP3K akan dialokasikan pada dua program, yaitu pengadaan mesin diesel untuk sarana air bersih sebesar Rp2 miliar dan pengadaan perangkat tenaga surya yang juga diperuntukkan pada sarana air bersih sebesar Rp2 miliar.

Menurut Budiman, seluruh bantuan yang diterima dari KKP tersebut berbentuk pengadaan barang yang ditender pemerintah pusat. DKP hanya menerima seluruh perangkat yang telah ditentukan sesuai program yang akan dilaksanakan.

“Meskipun program ini diperuntukkan pada tahun anggaran 2012, namun kami telah melakukan koordinasi dengan KKP melalui dirjen terkait dan seluruh perangkatnya dalam pengiriman dan diperkirakan awal 2012 seluruh perangkat tersebut tiba di Polman,” terangnya.

Dia mengakui, pada dasarnya bantuan tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas nelayan dan masyarakat pesisir yang saat ini masih membutuhkan beberapa sarana maupun prasarana pendukung.

Budiman menganggap, meskipun dalam bentuk pengadaan barang hal tersebut bukan sebuah kendala, sebab DKP tetap akan melakukan pengadaan beberapa perangkat sesuai yang tertuang dalam program, jika KKP mangalokasikan bantuan dalam bentuk uang tunai.

“Kami berharap, dengan adanya bantuan tersebut para nelayan dan masyarakat pesisir mampu berupaya maksimal meningkatkan produktivitasnya. Jangan sampai bantuan sia-sia akibat tidak digunakan dengan baik,” harapnya.

Sumber : Bisnis KTI
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Berita Polman 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all